Yuk curhat !

Bulan ramadhan sudah tiba didepan mata, Semua umat Muhammad bergembira dengan kedatangan bulan mulia ini. Kemuliaan bulan Ramadhan sudah dijelaskan diberbagai sumber hukum kaum muslimin baik itu Al Qur’an dan Hadits.

Energi positif di bulan suci ini, menjadikan semua para penghuni kubur berandai-andai jika mereka diperkenankan oleh Tuhannya untuk dikembalikan lagi ke dunia walau hanya satu jam atau waktu yang amat singkat. Maka celakalah roh yang masih berada dijasad manusia didunia ini jika tidak dipenuhi dengan target-target kebaikan dan amal sholeh.

Yuk curhat..!!
Tapi..Manusia tetaplah makhluk lemah, disamping meningkatkan kualitas ketaqwaan, hamba Allah yang satu ini dituntut untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya. Tak jarang kesulitan ekonomi, pendidikan, kesehatan menjadi faktor utama kendala ketaatannya kepada Allah. Beban yang dipikul rasanya terlalu besar jika ditanggung sendiri. Maka salah satu solusinya adalah mereka saling berbagi masalah atau kendala yang dihadapi dengan seseorang yang dia anggap mampu menyelesaikan serta memberikan jalan keluar atau dengan seseorang yang cukup mengerti keadaan kita sehingga mampu memberi masukan-masukan psikologi atau pengalaman yang didapatinya.

Yuk curhat..!!
Ciri-ciri orang yang “klik” dengan kita untuk dijadikan teman curhat adalah ketika dia bertanya satu hal, maka kita akan menjelaskan dengan banyak hal. Kelebihan, kekurangan bahkan sampai rahasia besar kita. Pernah merasakan seperti itu..??.
Disisi lain, terkadang kita berharap dengan seseorang untuk memberikan sedikit penyelesaian setelah menyampaikan curhatan kita kepadanya tetapi yang didapatkan hanyalah kekosongan, ketidaksesuaian, bahkan hingga kekecewaan.

Jangan salahkan mereka yang tidak bisa banyak membantumu kawan!! Mereka juga lemah sama sepertimu, mereka juga memiliki banyak kendala, banyak kesibukan dan kemungkinan lainnya. Bukankah itu seimbang dan masuk akal..??.
Lalu bagaimana solusinya? Ketika kita ingin memaksimalkan apa yang ada dibulan Ramadhan ini tanpa terasa terbebani dengan beban baru.

Tetaplah buat target kebaikan dan amal sholeh mu, tetaplah bekerja, tetaplah fokus dengan pendidikan, tetaplah berbakti kepada orangtua dan pasangan hidup kita, tetaplah jalin silaturrahmi dengan tetangga ,tetaplah jaga kesehatan dan rentetan kesibukan seperti biasanya, meskipun ini sangat merepotkan dan menguras tenaga. Tentu saja, tapi semua kelelahanmu dan keluhanmu itu akan terhapus jika kita curhat dengan Dzat yang Maha Mendengar curhatan.

Yuk curhat..!!
Kenikmatan curhat yang satu ini telah dibuktikan oleh Nabi Musa yang diabadikan di Al Quran.
Ketika Allah bertanya tentang satu hal :
(وَمَا تِلْكَ بِيَمِينِكَ يَا مُوسَىٰ)
Apakah itu yang di tangan kananmu, hai Musa ?[Surat Ta-Ha 17]
Nabi Musa menjawab:
(قَالَ هِيَ عَصَايَ أَتَوَكَّأُ عَلَيْهَا وَأَهُشُّ بِهَا عَلَىٰ غَنَمِي وَلِيَ فِيهَا مَآرِبُ أُخْرَىٰ)
Berkata Musa: “Ini adalah tongkatku, aku bertelekan padanya, dan aku pukul (daun) dengannya untuk kambingku, dan bagiku ada lagi keperluan yang lain padanya”.[Surat Ta-Ha 18]
3 jawaban Musa atas satu pertanyaan cukup menjadikan bukti akan kenikmatan waktu curhat tersebut.

Yuk curhat..!!
Ayo kita maksimalkan segala daya dan upaya manusia kita, lalu kita keluhkan semua kekurangan kita lewat curhat kepada Sang Pendengar curhatan terbaik disaat waktu terbaik untuk berdoa.
Waktu terbaik berdoa :
1. Saat berbuka puasa
2. Sujud terakhir sholat wajib maupun sholat terawih dan sholat sunah lainnya
3. Sahur disepertiga malam
4. Dipertengahan adzan dan iqomah
5. Saat turun hujan
6. saat melakukan perjalanan

Demikian artikel ini dibuat, tak lupa kami dari segenap team Komunitas Ar Rahman Pekalongan mengucapkan :
“Marhaban ya Ramadhan, Kullu aamin wa antum bi khoirin”.
Semoga ramadhan kita taun ini lebih baik dari taun sebelumnya.
Mari bersinergi kebaikan dengan Aksi dan berbagi.

Pekalongan, 26 Mei 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *